Kembangkan 5 Pelabuhan, Pelindo I Klaim Biaya Logistik Akan ...

Kembangkan 5 Pelabuhan, Pelindo I Klaim Biaya Logistik Akan ... Home Berita Infrastruktur Infrastruktur Kembangka...

Kembangkan 5 Pelabuhan, Pelindo I Klaim Biaya Logistik Akan ...

  • Home
  • Berita
  • Infrastruktur

Infrastruktur

Kembangkan 5 Pelabuhan, Pelindo I Harap Biaya Logistik Turun 30% PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) tengah mengembangkan lima pelabuhan dari total 24 pelabuhan yang didorong untuk mendukung program tol laut. Tol Laut Kapal logistik ini merupakan bagian dari program tol laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo sejak masa awal pemerintahannya. Rabu 29/11/2017, 17.21 WIB Miftah Ardhian Pemerintah Targetkan Hanya 10 dari 118 BUMN yang Rugi Tahun Ini Kementerian BUMN Minta Revisi PP LRT Jabodebek untuk Tarik Investor Kembangkan Bisnis, Pelindo I Gande ng Belasan BUMN dan Swasta

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) tengah mengembangkan lima pelabuhan dari total 24 pelabuhan untuk mendukung program tol laut. Dengan pengembangan pelabuhan ini, Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I yakin bisa menekan biaya logistik hingga 30 persen.

Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana menjelaskan lima pelabuhan yang sedang dikembangkan tersebut adalah Pelabuhan Malahayati, Pelabuhan Kuala Tanjung, Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Belawan, dan Pelabuhan Batam. Lima pelabuhan ini akan mendukung kesuksesan program tol laut.

Daftar newsletter Katadata sekarang! Dapatkan berita terbaru pilihan kami melalui email Anda setiap hari (Senin - Jumat). Saya setuju untuk menerima promosi dari produk & layanan Katadata. Kode Keamanan Baru Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya. Alamat email Anda telah terdaftar Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi Silahkan mengisi alamat email Silahkan mengisi alamat email dengan benar Masukkan kode pengaman dengan benar Silahkan mengisi captcha

Apabila pelabuhan-pelabuhan ini sudah beroperasi maksimal, akan ada efisiensi biaya logistik yang bisa dicapai. Distribusi barang akan lebih banyak menggunakan kontainer yang diangkut menggunakan kapal laut. "Kalau ada perubahan dari non kontainer ke kontainer, ya bisa lah (turun) 30 persen," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, jakarta, Rabu (29/11).

(Baca: Kemenhub Klaim Tol Laut Turunkan Harga Barang Hingga 20%)

Bambang mencontohkan, Pelabuhan Malayahati yang sudah beroperasi saat ini. Pelindo I sudah berinvestasi dengan memberikan satu crane senilai Rp 40 miliar. Sebelumnya untuk membawa satu kontainer, membu tuhkan biaya sebesar Rp 17-19 juta. Namun, dengan melewati pelabuhan ini, dengan fasilitas yang ada, biaya logistik bisa ditekan lebih dari 50 persen menjadi hanya sekitar Rp 9 juta.

Selain itu, jumlah kontainer yang bisa diangkut dengan menggunakan kapal laut pun menjadi lebih banyak. Satu kapal bisa mengangkut sebanyak 600 kontainer peti kemas atau setara dengan 12 ribu ton setiap bulannya. Bambang berharap perusahaan yang ada bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk mentansportasikan barangnya.

Bambang menekankan untuk semakin mendukung program tol laut ini, setiap ibukota provinsi harus memiliki terminal peti kemas yang mumpuni. Saat ini, Pelindo I tengah mengembangkan terminal peti kemas keperintisan di Sibolga Sumatera Utara, Perawang Sungai Siak Pekanbaru Riau, Dumai, dan Kijang Kepulauan Riau.

Selain itu, Pelindo I juga telah menggandeng PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. (PT PP) untuk mengembangkan Pelabuhan Kuala Enok, Pelabuhan Batu Ampar, Batam dan Terminal Peti Kemas Pelintung. (Baca: Kembangkan Bisnis, Pelindo I Gandeng Belasan BUMN dan Swasta)

Untuk menjalankan proyek-proyek tersebut, Pelindo I akan mencari alternatif pendanaan selain pinjaman perbankan. Rencananya, tahun 2018, Pelindo I akan menerbitkan obligasi berkelanjutan, sekuritisasi aset berupa penjualan future cash flow dari terminal peti kemas Pelabuhan Belawan, dan menggandeng perusahaan lain untuk melakukan sharing equity.

Hingga akhir November tahun ini Pelindo I telah mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp 2,5 triliun. Targetnya, hingga akhir tahun ini Pelindo I bisa memperoleh laba usaha sebesar Rp 1,1 triliun. "Sekarang sudah mendekati target tersebut," kata Bambang.

Artikel Terkait Pemerintah Targetkan Hanya 10 dari 118 BUMN yang Rugi Tahun Ini Ada juga BUMN yang tak bisa disehatkan kembali dan hanya menunggu restrukturisasi, seperti Merpati. Kementerian BUMN Minta Revisi PP LRT Jabodebek untuk Tarik Investor Jika sebelumnya pemerintah hanya memberi jaminan atas pinjaman PT KAI, kini Kementerian BUMN meminta jaminan atas keseluruhan proyek. Kembangkan Bisnis, Pelindo I Gandeng Belasan BUMN dan Swasta Tak hanya di sektor kemaritiman, beberapa bentuk kerja sama mencakup sektor lain, seperti properti dan konstruksi.

Berita Terpopuler

Nasional Golkar Kian Panas, Ical Waspadai Perpecahan Partai DPP akan mengumpulkan pimpinan daerah menjelaskan keputusan pleno yang mempertahankan Setya Novanto ... Bisnis Omzet Airbnb di Indonesia Tembus Rp 1 Triliun, Pengusaha Hotel Gerah Airbnb memungut biaya 3% dari tarif sewa, sisanya masuk ke kantong pemilik properti. Transportasi Program OK-OTrip Rp 5.000 Anies-Sandi Tak Termasuk KRL, LRT, MRT Program pukul rata tarif transportasi Rp 5.000 tersebut baru mencakup angkutan darat dengan trayek s ... Nasion al Setya Novanto Ajukan 8 Saksi Meringankan untuk Diperiksa KPK Otto Hasibuan mengatakan KUHAP mengatur hak tersangka untuk mengajukan saksi atau ahli guna memberik ... Energi Sierra Nusa Gas Siap Ramaikan Bisnis Elpiji di Indonesia Harga per tabung untuk 4,5 kg sampai ke konsumen akhir yakni Rp 25.500, 8 kg sebesar Rp 56.000, 15 k ...

Opini

Kishore Mahbubani Kishore

Sistem Pendidikan Perlu Adaptasi dengan Disrupsi Teknologi

Irvan Rahardjo I   rvan Rahardjo

Setahun Restrukturisasi AJB Bumiputera Masih Jalan di Tempat

Sampe L. Purba Sampe L Purba

Mematut Potensi India, Pasar Raksasa Gas Dunia

Ignatius Haryanto Ignatius Haryanto

Kolaborasi, Solusi Menghadapi Disrupsi Industri Media

Rini Mariani Soemarno    Rini Soemarno

BUMN Harus Mengerjakan Proyek yang Tak Diminati Swasta

Baca juga Airlangga Hartarto Nasional Airlangga Hartarto Klaim Dapat Izin Jokowi Jadi Ketum Golkar PLN Energi PLN Juga Amendemen Kontrak Pembangkit yang Sudah Beroperasi Petronas Energi Tahun Depan, Petronas Tak Akan Mengebor Sumur Baru Blok Cepu Energi Formula Baru Minyak Banyu Urip Bisa Tambah Pendapatan Pertamina Infomark Transparansi Tambang: Mulai 2020 Data Pemilik Wajib Dibuka Infomark Transparansi Tambang: Mulai 2020 Data Pemilik Wajib Dibuka Sektor Migas Tunggu Revisi Undang-Undang Infom ark Sektor Migas Tunggu Revisi Undang-Undang Keterbukaan-Data , Indonesia-Masih-Tertinggal Infomark Keterbukaan Data, Indonesia Masih Tertinggal Izin Tak Layak, Penerimaan Negara Terhambat Infomark Izin Tak Layak, Penerimaan Negara Terhambat Sumber: Google News | Berita 24 Kepri

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Lokal,2,
ltr
item
Berita 24 Kepulauan Riau: Kembangkan 5 Pelabuhan, Pelindo I Klaim Biaya Logistik Akan ...
Kembangkan 5 Pelabuhan, Pelindo I Klaim Biaya Logistik Akan ...
https://katadata.co.id/public/media/images/thumb/2016/10/25/2016_10_25-19_01_06_8112ddfb24d7d45eb07527bb5584bbcb_960x640_thumb.jpg
Berita 24 Kepulauan Riau
http://www.kepri.berita24.com/2017/11/kembangkan-5-pelabuhan-pelindo-i-klaim.html
http://www.kepri.berita24.com/
http://www.kepri.berita24.com/
http://www.kepri.berita24.com/2017/11/kembangkan-5-pelabuhan-pelindo-i-klaim.html
true
1919954269073034499
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy