Makam Kerkhoof Tanjungpinang Kurang Perhatian

Makam Kerkhoof Tanjungpinang Kurang Perhatian TANJUNGPINANG, KRJOGJA.com - Seperti halnya di wilayah Indonesia lainnya yang tak luput dari ...

Makam Kerkhoof Tanjungpinang Kurang Perhatian

TANJUNGPINANG, KRJOGJA.com - Seperti halnya di wilayah Indonesia lainnya yang tak luput dari penjajahan Belanda, Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) juga memiliki kompleks pemakaman orang-orang Belanda di masa kolonial yang dikenal dengan sebutan Kerkhoof.

Hanya saja sayang, kompleks pemakaman bersejarah yang sebenarnya sudah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah daerah setempat ini keberadaannya kurang terawat dan memprihatinkan. Jika saja tempat yang berada di Jalan Kamboja Tanjungpinang ini bisa dilestarikan, bukan tidak mungkin akan membawa efek positif.

"Mungkin saja nanti akan banyak ahli warisnya yang datang ziarah," ucap staf Disbudpar Kota Tanjungpinang, Ali Imron saat mendampingi Tim Travel Heritage Tanjungpinang Disbud DIY, 14-17 November 2017.

Tidak banyak yang dapat digali dari tempat ini. Ketika ada juru pelihara ( jupel) yang ditemui, ia juga tidak banyak memberikan keterangan dengan jelas. Namun paling tidak, ada puluhan nisan yang ada di kompleks tersebut.

Salah satunya bisa dilihat dari nisan marmer yang masih bisa dibaca, terbaring jasad Kapten Der Infanterie FH Schoemaker yang tertulis meninggal 1 Agustus 1882. Nisan Kapten Schoemaker terbilang masih cukup utuh dibanding makam lainnya.

Selain banyak marmer nisan yang hilang, bangunan nisan yang ada juga banyak yang sudah rusak. Belum lagi kebersihannya kurang terawat karena digunakan untuk membuang sampah dan air limbah penduduk setempat. Seyogyanya tempat ini perlu dilestarikan mengingat nilai kesejarahan yang ada meski di masa lampau, jasad yang bersemayam merupakan penjajah negeri ini. (Feb)

Sumber: Google News | Berita 24 Kepr i

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Lokal,2,
ltr
item
Berita 24 Kepulauan Riau: Makam Kerkhoof Tanjungpinang Kurang Perhatian
Makam Kerkhoof Tanjungpinang Kurang Perhatian
Berita 24 Kepulauan Riau
http://www.kepri.berita24.com/2017/11/makam-kerkhoof-tanjungpinang-kurang.html
http://www.kepri.berita24.com/
http://www.kepri.berita24.com/
http://www.kepri.berita24.com/2017/11/makam-kerkhoof-tanjungpinang-kurang.html
true
1919954269073034499
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy