Menpar: Batam Beruntung Memiliki Budaya Melayu

Menpar: Batam Beruntung Memiliki Budaya Melayu Para penari dari sanggar se-Kota Batam menari membawakan kolaborasi tarian melayu pada pemb...

Menpar: Batam Beruntung Memiliki Budaya Melayu

Para penari dari sanggar se-Kota Batam menari membawakan kolaborasi tarian melayu pada pembukaan Kenduri Seni Melayu di Dataran Engku Putri Batamcenter, Jumat (17/11/2017). F Cecep Mulyana/Batam Pos

Kenduri Seni Melayu (KSM), 17-19 November, di Dataran Engku Putri, Batam Center, sukses besar. Selama dua hari saja, kawasannya tak pernah sepi didatangi wisatawan.

Total, sudah ada 5.000 orang yang datang menyaksikan Kenduri Seni Melayu. Mereka berbaur menjadi satu untuk meriahkan festival yang dihadiri Walikota Batam Muhammad Rudi itu.

“Kami sangat serius mempersiapkan event KSM ini. Semua kita libatkan sehingga hasilnya maksimal, “ kata Walik ota Batam Muhammad Rudi, Sabtu (18/11).

Soal ini, Walikota Rudi tak asal bicara. Semua kemasan acaranya diset spektakuler. Standarnya mengacu pada ukuran global. Tata panggung serta sound systemnya setara dengan konser-konser besar. Sangat ciamik. Para seniman dari manca negara sampai dibuat memukau saat tampil di Dataran Engku Putri, Batam Center.

“Terimakasih kepada Kementerian Pariwisata yang terus mendukung event event budaya di Kota Batam. Hasilnya bisa kita saksikan di KSM ini. Evennya wow. Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Brunei Darusalam, serta Belanda sampai terpukau dibuatnya,” kata Rudi.

Profesor Jan Van Der Putten dari Universitas Hamburg sampai angkat topi terhadap gelaran KSM tersebut. Menurutnya seni budaya Melayu menawarkan hal yang unik serta tidak dimiliki daerah lain di Indonesia.

“Tariannya dinamis dan selalu bergerak. Musiknya rancak, menawarkan sensasi yang berbeda. Tidak seperti tari dan musik di Jawa atau Bali, ini leb ih hidup. Wisatawan Eropa pasti senang,” kata profesor yang fasih berbahasa Indonesia tersebut.

Hal senada juga diucapkan Kadispar Provinsi Kepulauan Riau Buralimar. Menurutnya kekuatan seni budaya Melayu di Batam punya potensi yang luar biasa. Nuansanya sangat disuka wisman.

“Kami punya komitmen kuat untuk terus mengembangkan seni budaya Melayu. Ini sudah menjadi salah satu modal pariwisata Kepri, khususnya Kota Batam,” kata Buralimar yang didampingi Kadispar Kota Batam Pebrialin.

Arahnya pun akan terus diset ke level yang lebih tinggi lagi. Kemasannya pun akan dibuat lebih wow. “Tahun ini kita buatkan even kuliner melayu sehingga konsep hari raya seni budaya Melayu semakin kuat. Ke depannya kita perkuat lagi. Kita akan tambah peserta mancanegaranya serta kita tambah konten event lainnya,” terang Buralimar yang diamini Pebrialin.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat mengapresiasi even tersebut. Menpar pun tak ragu memuji, budaya dan alam Kota Batam yang sangat berkelas. “Batam beruntung memiliki budaya Melayu. Itu yang harus kita lestarikan,” ucapnya.

Pesannya hanya satu. Dia ingin, ke depannya Kenduri Seni Melayu di Batam tadi bisa mendatangkan commercial value. Manfaat ekonomi yang besar bagi masyarakat dan Kota Batam.

“Ke depan harus didukung commercial value-nya. Kalau commercial value-nya kuat, kekayaan budaya itu akan menghasilkan economic value yang kuat. Ingat, budaya itu semakin dilestarikan semakin menyejahterakan,” jelas mantan peraih Marketeer of The Year 2013 versi MarkPlus itu. (*)

Respon Anda?

komentar

Sumber: Google News | Berita 24 Kepri

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Lokal,2,
ltr
item
Berita 24 Kepulauan Riau: Menpar: Batam Beruntung Memiliki Budaya Melayu
Menpar: Batam Beruntung Memiliki Budaya Melayu
http://batampos.co.id/ad-kemenpar.gif
Berita 24 Kepulauan Riau
http://www.kepri.berita24.com/2017/11/menpar-batam-beruntung-memiliki-budaya.html
http://www.kepri.berita24.com/
http://www.kepri.berita24.com/
http://www.kepri.berita24.com/2017/11/menpar-batam-beruntung-memiliki-budaya.html
true
1919954269073034499
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy