www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ada Ikan Makarel Kaleng Bercacing, Ini Bedanya dengan Sarden

Posted by On 19.03

Ada Ikan Makarel Kaleng Bercacing, Ini Bedanya dengan Sarden

Cacing di Ikan Kaleng

Ada Ikan Makarel Kaleng Bercacing, Ini Bedanya dengan Sarden

Badan POM RI menguji 541 sampel ikan makarel dalam kemasan yang terdiri dari 66 merek yang diperjualbelikan di Indonesia.

Ada Ikan Makarel Kaleng Bercacing, Ini Bedanya dengan Sardensurya/sulvi sofianaCACING PARASIT - Kepala BBPOM Surabaya, Saparie menunjukkan foto ikan Makarel dalam kemasan yang terdapat cacing parasit di dalamnya saat ditemui di tempat kerjanya, Kamis (29/3/2018)

TRIBUNNEWS.COM - Belakangan ini, publik dikejutkan dengan temuan cacing mati di produk ikan makarel dalam kemasan.

Hal ini diawali dari sebuah video penemuan cacing dalam produk ikan kaleng tersebut di Kepulauan Riau. Video tersebut dengan cepat menjadi viral dan meresahkan masyarakat.

Melihat keresahan masyarakat ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (Badan POM RI) turun tangan. Badan POM RI menguji 541 sampel ikan makarel dalam kemasan yang terdiri dari 66 merek yang diperjualbelikan di Indonesia.

Baca: Korban Kebakaran di Teluk Balikpapan Bertambah, Tiga Orang Dilaporkan Hilang

Langkah tersebut menghasilkan temuan adanya 27 merek yang dipasarkan di Indonesia positif bercacing. Temuan tersebut mau tak mau membuat masyarakat meningkatkan kewaspadaan, termasuk lebih selektif memilih olahan ikan kalengan.

Sebenarnya, di pasaran terdapat dua jenis ikan yang dijual dalam bentuk kalengan, yakni sarden dan makarel. Kendati sudah tidak asing, masih saja ada yang keliru membedakan dua ikan tersebut.

Bahkan, ada saja yang mengira keduanya adalah ikan yang sama. Lantas sebenarnya, seperti a pa perbedaan dua ikan tersebut?

Melalui penelusuran berbagai sumber, berikut perbedaan ikan makarel dan sarden yang dirangkum Kompas.com, Kamis (29/3/2018).

Ikan Makarel Ikan makarel masuk dalam keluarga Scombridae. Ikan ini masih berkerabat dengan ikan tuna, ikan kembung, dan ikan tengiri. Umumnya, makarel ditemukan di perairan Atlantik.

Makarel sendiri termasuk ikan besar. Biasanya, ikan ini memiliki berat sekitar 500 gram dengan panjang antara 35 cm hingga 45 cm. Pengolahan ikan makarel sebagai makanan lumrah dijumpai di Jepang, Eropa, dan negara berkembang.

Halaman selanjutnya 12
Editor: Sanusi Sumber: Kompas.com Ikuti kami di Terungkap Fakta Tak Masuk Akal di Balik Viral Video Wanita Kebaya Merah di Pinggir Ja lan Malam-malam Sumber: Google News | Berita 24 Kepri

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »