www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bandara Letung di Anambas Siap Menyambut Wisatawan

Posted by On 21.15

Bandara Letung di Anambas Siap Menyambut Wisatawan

Pembangunan Bandara Letung di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (26/2/2017)Bambang Priyo Jatmiko/Kompas.com Pembangunan Bandara Letung di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (26/2/2017)


KOMPAS.com - Kepulauan Anambas yang merupakan salah satu dari pulau terdepan di Indonesia akan semakin mudah diakses. Dengan beroperasinya Bandar Udara Letung yang terletak di Desa Bukit Padi, Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Propinsi Kepulauan Riau masyarakat dari luar daerah bisa menjangkau destinasi wisata di situ.

Bandara yang berada di perbatasan Indonesia dengan Singapo re dan Malaysia ini dilengkapi dengan peralatan navigasi udara yang dikontrol oleh APP Tanjung Pinang Kepulauan Riau.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo menekankan bahwa pariwisata menjadi prioritas untuk mendongkrak perekonomian Indonesia, sehingga seluruh kementerian wajib mendukungnya.

Mengingat mayoritas wisatawan datang melalui pintu udara, maka Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan bekerja sekuat tenaga untuk merealisasikan bandara-bandara yang menjadi pintu gerbang perekonomian Indonesia.

(Baca: Bandara Letung di Kepulauan Anambas Siap Dioperasikan)

Dirjen Perhubungan Udara, Agus Santoso, mengatakan Kepulauan Anambas sangat layak dikembangkan menjadi potensi wisata unggulan di Indonesia. Bandar Udara Letung yang terletak di pulau terdepan Indonesia ini juga menjadi prasarana pertahanan dan keamanan, pintu gerbang distribusi pangan dan barang kebutuhan lainnya, membuka keterisolasian daera h, serta mendorong pertumbuhan perekonomian daerah.

“Bandar Udara Letung ini sebagai penanda kehadiran negara di daerah perbatasan Indonesia, sekaligus berpotensi mengembangkan perekonomian daerah sekitar dengan bertumpu pada sektor pariwisata,” ujar Agus dalam siaran pers, Minggu (1/4/2018).

Agus Santoso menambahkan, Bandar Udara Letung berpotensi besar untuk dikembangkan. Untuk itu, Ditjen Perhubungan Udara bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat berupaya agar banyak maskapai, baik dalam maupun luar negeri, yang beroperasi di situ.

(Baca juga: Pembanguan Bandara Letung di Anambas Telan Rp 250 Miliar)

Ia berharap Bandar Udara Letung bisa segera diresmikan pada tahun ini. Dengan demikian, pengembangan sisi komersial bandara akan bisa lebih cepat dilakukan dan keberadaan bandara bisa semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar.

Gubernur Propinsi Riau, Nurdin Basirun, mengatakan di Kepulauan Anambas terdapat 220 pulau yang merupakan titik penyelaman terbaik yang pernah ada. Bahkan, salah satu pulau yang bernama Pulau Bawah merupakan tempat favorit wisatawan mancanegara. Selain sebagai titik penyelaman yang bagus, pulau ini juga menawarkan keindahan pantai.

“Kepulauan Anambas tak kalah cantik dengan Bali. Bisa dikatakan bahwa pantai-pantai di sini masih belum terjamah, sehingga keindahan dan kelestariannya masih terjaga. Banyak wisatawan yang menikmati keindahan alam dan wisata baharinya,” ujar Nurdin.

Dengan diresmikannya Bandar Udara Letung, lanjutnya, akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Anambas, baik wisawatan domestik maupun mancanegara. Apalagi, jika landas pacu Bandar Udara Letung sudah diperpanjang menjadi 1600 meter.

Pelancong berpelesir di Pulau Ayam, Anambas, Kepulauan Riau. Pulau-pulau kecil di Anambas ini dihiasi oleh pasir halus, p   erairan jernih dan tenang, serta banyak karang. Selain berenang, pesisir Anambas juga paling cocok untuk aktivitas selam dan berlayar. Dari 4,6 juta hektar wilayahnya, kabupaten terdepan Indonesia di Laut China Selatan ini hanya punya daratan kurang dari 60.000 hektar.KOMPAS/KRIS RAZIANTO MADA Pelancong berpelesir di Pulau Ayam, Anambas, Kepulauan Riau. Pulau-pulau kecil di Anambas ini dihiasi oleh pasir halus, perairan jernih dan tenang, serta banyak karang. Selain berenang, pesisir Anambas juga paling cocok untuk aktivitas selam dan berlayar. Dari 4,6 juta hektar wilayahnya, kabupaten terdepan Indonesia di Laut China Selatan ini hanya punya daratan kurang dari 60.000 hektar.

Saat ini, perpanjangan landas pacu masih dalam tahap pengerjaan. Pembangunan runway itu diyakini bakal menambah jumlah maskapai yang mengunjungi Letung dengan pesawat yang lebih besar, sekelas ATR 72.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, Bandar Udara Letung mempunyai landas pacu beru kuran 1200 meter x 30 meter, taxiway dengan ukuran 125 meter x 15 meter, dan apron dengan ukuran 125 meter x 70 meter. Selain itu, tersedia gedung terminal seluas 600 meter persegi yang dilengkapi gerbang X-ray, lahan parkir kendaraan, dan jalan akses dari dan ke bandara.

Maskapai yang beroperasi saat ini adalah Susi Air, dengan frekuensi seminggu tiga kali untuk rute Batam-Letung PP dan Tanjung Pinangâ€"Letung PP.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
  • Keselamatan Penerbangan

Berita Terkait

Operasional Penerbangan Perintis Diawasi Ketat

Meteorologi, Penunjang Keselamatan Penerbangan

Penerbangan Komersial di Jalur Selatan Jawa, Kemenhub Bahas dengan TNI

Terkini Lainnya

Laba Anjlok 50 Persen, Ini Kata Bos Alfamart

Laba Anjlok 50 Persen, Ini Kata Bos Alfamart

Bisnis 03/04/2018, 11:11 WIB Inflasi Jakarta Hanya 0,09 Persen

Inflasi Jakarta Hanya 0,09 Persen

Rilis 03/04/2018, 10:39 WIB Pizza Hut dan Sri Waha   na Siap Melantai di BEI

Pizza Hut dan Sri Wahana Siap Melantai di BEI

Keuangan 03/04/2018, 10:20 WIB Proyek LRT Jabodebek Capai 35,2 Persen

Proyek LRT Jabodebek Capai 35,2 Persen

Bisnis 03/04/2018, 09:42 WIB BPOM Dorong Obat Tradisional Indonesia Masuk Sistem Pelayanan Kesehatan

BPOM Dorong Obat Tradisional Indonesia Masuk Sistem Pelayanan Kesehatan

Makro 03/04/2018, 09:10 WIB Bank Genjot Kredit Tanpa Agunan

Bank Genjot Kredit Tanpa Agunan

Keuangan 03/04/20 18, 08:40 WIB Harga Energi dan Cabai Dorong Inflasi Maret 2018

Harga Energi dan Cabai Dorong Inflasi Maret 2018

Makro 03/04/2018, 08:08 WIB Blokir Kartu SIM Tahap II Mulai Dilakukan

Blokir Kartu SIM Tahap II Mulai Dilakukan

Bisnis 03/04/2018, 07:36 WIB Trump Bawa Pasar Saham AS Tenggelam di Zona Merah

Trump Bawa Pasar Saham AS Tenggelam di Zona Merah

Keuangan 03/04/2018, 07:17 WIB Berita Populer: Hotman Paris Tak Akui BANI Sovereign hingga China Balas Trump

Berita Populer: Hotman Paris Tak Akui BANI Sovereign hingga China Balas Trump

Keuangan 03/04/2018, 06:36 WIB Aplikator Jadi Perusahaan Transportasi, Pengemudi Senang

Aplikator Jadi Perusahaan Transportasi, Pengemudi Senang

Bisnis 03/04/2018, 06:03 WIB Biayai SDGs,  Indonesia Andalkan 'Blended Finance'

Biayai SDGs, Indonesia Andalkan "Blended Finance"

Rilis 03/04/2018, 05:14 WIB Alfam   art Tidak Memajang Produk Ikan Makarel Berparasit Cacing

Alfamart Tidak Memajang Produk Ikan Makarel Berparasit Cacing

Bisnis 02/04/2018, 21:00 WIB Ini Alasan Lintasarta Memilih Gresik

Ini Alasan Lintasarta Memilih Gresik

Rilis 02/04/2018, 20:57 WIB Peredaran Produk Palsu di Asia Tenggara Kian Mengkhawatirkan

Peredaran Produk Palsu di Asia Tenggara Kian Mengkhawatirkan

Bisnis 02/04/2018, 20:44 WIB Load MoreSumber: Google News | Berita 24 Kepri

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »