www.AlvinAdam.com

Berita 24 Kepulauan Riau

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pertama di Indonesia, 14 Housekeeping di Batam Terima Sertifikat

Posted by On 12.15

Pertama di Indonesia, 14 Housekeeping di Batam Terima Sertifikat

Sebanyak 14 orang yang bekerja sebagai housekeeping  di Batam menerima sertifikat setelah mengikuti training yang dilaksanakan oleh AAArya Business College di Singapura. Penyerahan sertifikat dilakukan di ballrom I Hotel Baloi, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (19/4/2018).KOMPAS.com/HADI MAULANA Sebanyak 14 orang yang bekerja sebagai housekeeping di Batam menerima sertifikat setelah mengikuti training yang dilaksanakan oleh AAArya Business College di Singapura. Penyerahan sertifikat dilakukan di ballrom I Hotel Baloi, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (19/4/2018).

BATAM, KOMPAS.com - Sebanyak 14 orang yang bekerja sebagai housekeeping di Batam menerima sertifikat setelah mengikuti training yang dilaksanakan oleh AAArya Business College di Singapura.

Pemberian sertifikat dilakukan, Jumat (19/4/2018) di ballrom I Hotel Baloi, Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Housekeeping merupakan bagian dari departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, melaporkan kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi tamunya.

Baca juga : Penuhi Syarat Halal, Restoran Bergaya Jepang Ini Dapat Sertifikat SJH

Menariknya sertifikasi yang dilakukan ini merupakan sertifikasi pertama yang dilakukan di Indonesia dan yang mendapatkan sertifikat ini semuanya merupakan housekeeping yang berasal dari I Hotel Baloi, Grands I Hotel dan Nakita yang ada di Batam.

"Aneh memang kedengarannya, tapi tanpa kita sadari merekalah ujung tombak dari kemajuan suatu hotel," kata General Manager I Hotel Baloi, Winston Toh.

Menurutnya sertifikat yang diberikan kepada housekeeping ini perlu untuk meningkatkan pelayanan hotel terutama dalam hal pelayanan kamar.

Selain itu, hal ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada staf walaupun posisinya sangat rendah tapi keberadaannya sangat luar biasa.

Sebanyak 14 orang yang bekerja sebagai housekeeping  di Batam menerima sertifikat setelah mengikuti training yang dilaksanakan oleh AAArya Business College di Singapura. Penyerahan sertifikat dilakukan di ballrom I Hotel Baloi, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (19/4/2018).KOMPAS.com/HADI MAULANA Sebanyak 14 orang yang bekerja sebagai housekeeping di Batam menerima sertifikat setelah mengikuti training yang dilaksanakan oleh AAArya Business College di Singapura. Penyerahan sertifikat dilakukan di ballrom I Hotel Baloi, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (19/4/2018)."Pelayanan housekeeping menjadi salah satu tolok ukur kualitas pelayanan sebuah hotel. Terlebih, I Hotel Baloi dan Grands I Hotel merupakan dua hotel dengan rating yang cukup tinggi, tentunya kualitas hotel juga dilihat dari pelayanan housekeeping," kata Toh.

Sementara itu Yati dari AAArya Business College mengaku program sertifikasi terhadap housekeeping kali ini merupakan hal yang pertama kalinya di Batam dan Indonesia.

Sertifikat ini diberikan kepada para peserta yang berhasil mengikuti tes tentang pelayanan kebersihan termasuk kamar hotel sesuai dengan standar yang ada.

"Semua pekerjaan di hotel itu ada SOP-nya. Dan para peserta ini kami tes sebelum mendapatkan sertifikat. Mereka harus mengerti prosedur kerja, meskipun hanya sebagai pelayan kamar hotel," ujar Yati.

Bahkan di sejumlah negara luar pekerja housekeeping wajib terverifikasi, jika belum maka yang bersangkutan tidak bisa menyandang atau bekerj a sebagai housekeeping di suatu hotel.

Sebanyak 14 orang yang bekerja sebagai housekeeping  di Batam menerima sertifikat setelah mengikuti training yang dilaksanakan oleh AAArya Business College di Singapura. Penyerahan sertifikat dilakukan di ballrom I Hotel Baloi, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (19/4/2018).KOMPAS.com/HADI MAULANA Sebanyak 14 orang yang bekerja sebagai housekeeping di Batam menerima sertifikat setelah mengikuti training yang dilaksanakan oleh AAArya Business College di Singapura. Penyerahan sertifikat dilakukan di ballrom I Hotel Baloi, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (19/4/2018)."Kerjanya tidak boleh loncat-loncat, jadi harus berurutan dan terarah. Misalnya membersihkan kamar, tempat tidur dulu baru kamar mandi atau sebaliknya. Kecepatan waktu juga diperhitungkan di sini," ungkap Yati.

Hal senada juga disampaikan Ketua PHRI Kepr i, Tupa Simanjuntak yang mengatakan program sertifikasi terhadap housekeeping merupakan salah satu program yang baik.

Untuk itu, ia berharap agar pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam dapat menyediakan anggaran untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Kami berharap pemerintah mendukung program ini. Selama ini banyak pelatihan kerja untuk bidang-bidang lain, tapi untuk housekeeping ini belum ada. Padahal bidang inilah yang menentukan kualitas pelayanan suatu hotel," kata Tupa.

Kasi Pembinaan Norma Hubungan Kerja Disnaker Kota Batam, Heri Rustanto megatakan pemerintah saat ini memang belum menganggarkan biaya akreditasi untuk posisi housekeeping.

Suasana kota Batam, Kepulauan RiauKOMPAS.COM/ HADI MAULANA Suasana kota Batam, Kepulauan RiauNamun ke depan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi bahan pertimbangan demi kem ajuan pariwisata di Kota Batam.

"Peningkatan kualitas SDM yang menunjang pariwisata memang sedang digalakkan saat ini, namun belum menyeluruh," ungkap Heri.

"Disnaker menyambut baik pelatihan ini hanya saja untuk menganggarkan program ini dibutuhkan waktu dan tahapan. Ini harus dibicarakan terlebih dahulu dan diajukan. Semoga saja bisa," kata Heri.


Berita Terkait

Anda Bernama Kartini? Sarapan Sepuasnya Gratis di Hotel Ini

Ditantang Jadi Traveler Dadakan, Gratis Pesawat dan Hotel, Mau?

Mister Aladin Travel Fair di Jakarta, Ada Lelang Hotel Mulai Rp 10.000

Paket Menginap, Makan, dan Terbang dengan Helikopter di Hotel Jakarta

Terkini Lainnya

Mbok Temu Misti, Maestro Tari Gandrung, Sekarang Pelihara Ayam

Mbok Temu Misti, Maestro Tari Gandrung, Sekarang Pelihara Ayam

News 21/04/2018, 19:10 WIB Ini Tren Wisatawan Indonesia ke Malaysia, Apa Kalian Termasuk?

Ini Tren Wisatawan Indonesia ke Malaysia, Apa Kalian Termasuk?

News 21/04/2018, 16:01 WIB Kartini Flight dari Garuda Indonesia, Apa Bedanya?

Kartini Flight dari Garuda Indonesia, Apa Bedanya?

News 21/04/2018, 14:44 WIB Tiket.com Bagikan Gratis Wrapping untuk Pelanggannya, Ini Syaratnya...

Tiket.com Bagikan Gratis Wrapping untuk Pelanggannya, Ini Syaratnya...

News 21/04/2018, 13:09 WIB Gaet Wisman, Program Hot Deals Kepri 2018 Diluncurkan

Gaet Wisman, Program Hot Deals Kepri 2018 Diluncurkan

News 21/04/2018, 11:37 WIB Cantiknya Menteri Susi dan Staf Garuda Berkebaya di Hari Kartini

Cantiknya Menteri Susi dan Staf Garuda Berkebay a di Hari Kartini

News 21/04/2018, 10:29 WIB Ada yang Baru di Atraksi 3D Harry Potter Universal Studios Jepang

Ada yang Baru di Atraksi 3D Harry Potter Universal Studios Jepang

Jepang Terkini 21/04/2018, 10:05 WIB Jangan Ketinggalan, Ada Kopi Gratis untuk Perempuan pada Hari Kartini

Jangan Ketinggalan, Ada Kopi Gratis untuk Perempuan pada Hari Kartini

News 21/04/2018, 09:48 WIB Bulan Ramadhan, Restoran Ini Hidangkan Ragam Makanan Khas Indonesia

Bulan Ramadhan, Restoran Ini Hidangkan Ragam Makanan Khas Indonesia

Food Story 21/04/2018, 09:03 WIB Rekomendasi Hotel di Sekitar Tokyo Disneyland

Rekomendasi Hotel di Sekitar Tokyo Disneyland

Hotel Story 21/04/2018, 08:00 WIB Pertama di Indonesia, 14 Housekeeping di Batam Terima Sertifikat

Pertama di Indonesia, 14 Housekeeping di Batam Terima Sertifikat

News 21/04/2018, 07:41 WIB Berita Foto: Belajar Ski di Pegunungan Alpen Perancis

Berita Foto: Belajar Ski di Pegunungan Alpen Perancis

Travel Story 20/04/2018, 22:10 WIB Serunya Belajar Ski di Pegunungan Alpen Perancis, Bikin Ketagihan!

Serunya Belajar Ski di Pegunungan Alpen Perancis, Bikin Ketagihan!

Travel Story 20/04/2018, 21:00 WIB Pemerintah Uni Emirat Arab Rancang Visa Khusus Penumpang Transit di Bandara

Pemerintah Uni Emirat Arab Rancang Visa Khusus Penumpang Transit di Bandara

News 20/04/2018, 19:00 WIB  Menyelami Keindahan Bawah Laut Tanjung Waka, Maluku Utara

Menyelami Keindahan Bawah Laut Tanjung Waka, Maluku Utara

Travel Story 20/04/2018, 18:00 WIB Load MoreSumber: Google News | Berita 24 Kepri

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »