www.AlvinAdam.com

Berita 24 Kepulauan Riau

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

2.000 Tenaga Kerja Asing Bekerja di Batam, Ini Pekerjaan yang ...

Posted by On 19.28

2.000 Tenaga Kerja Asing Bekerja di Batam, Ini Pekerjaan yang ...

2.000 Tenaga Kerja Asing Bekerja di Batam, Ini Pekerjaan yang Mereka Pegang

tenaga kerja asing (TKA) yang masuk ke Indonesia, khususnya Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), bukanlah tenaga kerja teknis lapangan

2.000 Tenaga Kerja Asing Bekerja di Batam,  Ini Pekerjaan yang Mereka PegangTRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWANilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam mengatakan, tenaga kerja asing (TKA) yang masuk ke Indonesia, khususnya Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), bukanlah tenaga kerja teknis lapangan, melainkan tenaga ahli dengan kapasitas setingkat manajer, direksi, komisaris dan advisor.

" ;Jadi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 tentang TKA, hanya menyederhanakan proses birokrasi saat pendaftaran.

Bukan untuk menarik sebanyak-banyaknya tenaga kerja asing ke Indonesia, oknum-oknum tertentu saja yang menggoreng itu semua, jadi seolah-olah TKA bisa dengan mudah bekerja di sini," kata Kepala Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto, Selasa (1/5/2018).

Menurut Lucky, sulitnya tenaga kerja ahli dari luar negeri masuk ke Indonesia berimbas pada kinerja investasi dan ekspor.

Padahal, kedua hal itu menjadi faktor utama meningkatkan pertumbuhan ekonomi, terutama di Kota Batam.

"Tapi itu semua Dinas Tenaga Kerja yang lebih tahu, namun karena pengawasan orang asing tanggung jawab Imigrasi, mau tidak mau perlahan kami juga mulai memahami tentang TKA di tanah air," kata Lucky.

Lanjut dia, melalui Perpres ini, Direktorat Jenderal Imigrasi bisa menyelesaikan izin tinggal tenaga kerja asing selama dua hari.

"Dulunya proses mengurus izin tinggal terbatas itu 14 hari, makanya Perpres No 20 Tahun 2018 tentang TKA dipermudah menjadi dua hari," jelas Lucky.

Sementara itu, Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan, di Kota Batam saat ini, jumlah TKA hingga pertengahan April 2018 ini sebanyak 2.000 orang.

Mereka berasal dari berbagai negara. "Jumlah hasil laporan dan dari pengawasan Dinas Tenaga Kerja bersama Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam," kata Rudi.

Halaman selanjutnya 12
Editor: Sugiyarto Sumber: Tribun Batam Ikuti kami di Oknum Pria Berseragam Polisi Pukul Wanita hingga Terkapar di Depan Anak Kecil Daerah Blora Sumber: Google News | Berita 24 Kepri

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »